LPKSM BASWARA Hadir Untuk Masyarakat Konsumen

Kota Bogor, Rajakabar.com,-

Pada hakekat nya masyarakat konsumen dengan pelaku usaha sangat berpotensi menimbulkan konflik, hal tersebut bisa terjadi karena pada umumnya masyarakat konsumen kurang mendapat perhatian atau kurang paham akan hak-hak nya sebagai konsumen itu sendiri.

Sekalipun Hak-hak atas konsumen itu telah diatur dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (UUPK),namun selama ini dirasakan tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat (LPKSM) yang ada pun dianggap kurang efektif dan berpihak kepada kepentingan masyarakat konsumen itu sendiri.

Menyikapi hal tersebut LPKSM Barisan Swara Masyarakat (BASWARA) hadir dan berkomitmen untuk merubah imej atau pandangan masyarakat terkait LPKSM yang dianggap kurang pro terhadap hak- hak masyarakat konsumen.

Dengan slogan “Demi Keadilan Konsumen, Maju Terus Pantang Mundur”, BASAWARA siap memperjuangkan

Irsan Pernandi Ketua Umum Baswara Indonesia kepada awak media menyatakan bahwa BASWARA
dibentuk sebagai upaya merespon dinamika dan kebutuhan perlindungan konsumen yang berkembang dengan cepat di masyarakat. Dalam menjalankan tugasnya, menjadi lembaga terdepan Bagi terwujudnya konsumen yang bermartabat dan pelaku usaha yang bertanggung jawab.

Dendi Ekaronta selaku Sekertaris Jendral menambahkan “dengan adanya LPKSM BASWARA kami mampu mewujudkan perlindungan konsumen yang kredibel serta mandiri untuk mencapai tujuan kenyamanan, keamanan, keselamatan dan kesehatan serta kepastian hukum. Menjaga dan meningkatkan kesadaran konsumen tentang hak dan kewajibannya. Menciptakan kemandirian konsumen dengan melalui pendidikan agar menjadi konsumen yang cerdas dan mandiri. Meningkatkan harkat dan martabat Konsumen agar bisa melindungi diri sendiri, membentuk suasana iklim usaha yang kondusif demi tercapai keseimbangan antara konsumen dan pelaku usaha dengan seadil adilnya” pungkas Dendi.

Reporter : Santo

Post Author: rajakabar_admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *