Kabupaten Bogor Masuk 6 Besar Lomba  BKB HI Tingkat Provinsi Jabar 

Yanti Gunayanti Sekdis DP3AP2KB

Bogor, Rajakabar.com

Kabupaten Bogor berhasil masuk 6 besar Lomba Kelompok Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB HI) tingkat Provinsi Jawa Barat. Penilaian Lomba BKB HI oleh Provinsi dilakukan, Rabu (11/4/2018) ini di BKB HI “Tirta Jaya 1” Desa Citaringgul , Kecamatan Babakan Madang.
BKB HI “Tirta Jaya 1” berhak mewakili Kabupaten Bogor karena dengan kemandiriannya telah mampu mengimplementasikan program KB dalam perencanaan keluarga melalui prioritas pola asuh balita di keluarga.
Dalam kegiatan Re – Cekhing tersebut hadir Tim yang terdiri dari BKBN Provinsi, TP PKK dan DP3AP2KB Provinsi Jawa Barat dan juga perwakilan Pemkab Bogor yaitu dari Dinas DP3AP2KB Kabupaten Bogor.

Sekretaris dinas (SekDis) Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3P2KB) Kabupaten Bogor Yanti Gunayanti saat di mintai komentar nya kepada rajakabar.com menyampaikan bahwa tujuan pokok Bina Keluarga Balita (BKB) ini adalah bagaimana upaya meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya.
Agar para orang tua dapat mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dan mengasuh anak, memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar serta meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik anak balita supaya lebih terarah dalam cara pembinaan anak, agar mampu membentuk anak yang berkualitas, jelas yanti.
Untuk kegiatan BKB ini terintegrasi dengan PAUD dan Posyandu karena ditempat -tempat itulah orang tua bisa mendapatkan pembekalan dan pengetahuan terkait pola asuh balita dari para kader BKB disaat anak-anak mereka bermain ataupun belajar.
“Pada dasarnya lomba ini diadakan tujuannya adalah pembinaan dan motivasi, agar mereka para kader dan orangtua lebih terdorong lagi semangatnya dalam menerapkan pola asuh anak tadi, dan kalaupun menang bagi kita itu hanya bonus,” ujarnya.
Yanti juga menambahkan “Pemkab Bogor dalam hal ini DP3AP2KB mendukung penuh semua program yang dilakukan TP PKK Kabupaten termasuk program BKB HI ini,” ungkap Yanti

Sementara itu Tim Penilai Lomba BKB HI Provinsi dari BKBN  Ibu Lina menyampaikan, lomba ini digelar dalam rangka menghadapi Harganas 2018. Rencananya, puncak peringatan Harganas 2018 akan digelar di Manado bulan Juni nanti. Menurutnya, ada beberapa hal yang akan dilihat oleh tim penilai ke BKB HI “Tirta Jaya 1” di Desa Citaringgul. Sasaran langsung penilaian sendiri BKB HI “Tirta Jaya 1” itu sendiri termasuk para kadernya.
kriteria yang akan dinilai lainnya adalah legalitas kepengurusan BKH HI, layanan yang diberikan dalam hal ini dari sisi kader yang memberikan penyuluhan serta kegiatan yang dilakukan BKB HI dalam menyusun administrasi.

Dari sisi pengelola, ujarya, akan dilihat bagaimana pengelola memberikan pembinaan kader BKB HI yang ada. Diharapkan, dengan lomba tersebut akan meningkatkan kinerja para kader BKB HI yang ada di Kabupaten Bogor dan juga kabupaten/kota lainnya.
Kader BKB Tirta Jaya 1 Desa Citaringgul 

Camat Babakan Madang Yudi Santosa yang turut hadir dalam kegiatan Re – Cekhing tersebut, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada BKB HI “Tirta Jaya 1″yang sudah menunjukan kepeduliannya dalam bagaimana membentuk orang tua yang perhatian terhadap tumbuh kembang bayi dan anak. Sehingga atas kemauan serta kerja nyata mereka tersebut menjadikan BKB “Tirta Jaya 1” Desa Citaringgul menjadi yang terbaik di Kabupaten Bogor dan jika hasil re-cekhing tingkat provinsi ini menang maka akan mewakili provinsi jawa barat untuk ke tingkat Nasional, dan kami siap untuk melakukan itu, pungkas Yudi. ( santo)

Post Author: rajakabar_admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *