Diklat dan Gemblengan 76 Jam Didi Kurni Kukuhkan 38 Pelatih Baru Kwarcab Sukaraja Bogor

BOGOR-,RAJAKABAR.COM,-Bertempat di sebuah resort di kawasan Desa Cikeas, Kecamatan Sukaraja, 39 pelatih baru gerakan Pramuka, Kwarcab Kabupaten Bogor, Jum’at dan Sabtu (14-15/12/2018)

pekan lalu dikukuh. 38 pelatih yang dilantik itu, sebelumnya telah mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang berlangsung selama 76 jam.
“Awalnya ada 40 dari perwakilan 40 kwatir ranting (Kwaran) dari 40 kecamatan, tapi dua orang gagal mengikuti Diklat sampai akhir. Nah, pengukuhan ini tahapan akhir, sebelum mereka diterjunkan sebagai pelatih di wilayahnya masing,” kata Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, Kabupaten Bogor, Didi Kurnia, Minggu (16/12/2018).
Didi mengatakan, untuk membentuk pelatih baru seleksinya sangat ketat, diawali dengan pengumuman rekutmen terbuka, setelah diseleksi administrasi dan dilanjutkan kesamaptaan, calon pelatih yang dinyatakan lulus seleksi harus konsisten mengukti materi Diklat, satu terlewat atau absen dipastikan gugur.
“Materi yang disampaikan kepada calon pelatih baru berdasarkan modul dari Kwarnas. Namun, karena tiap daerah memiliki perbedaan karakteristik, materi ditambah dengan kearifan lokal setempat. Nah, setelah lulus mereka berhak masuk sebagai Korps Pelatih Pembina Pramuka Bhinaya Bhakti Kabupaten Bogor,” ujar kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) itu.
Didi menerangkan, jumlah pelatih di Kwarcab, sampai tahun 2018 ini ada 175 orang. Jumlah tersebut, untuk ukuran Kwarcab Kabupaten Bogor yang berjumlah 398 ribu anggota kurang ideal, makanya Kwarcab secara bertahap setiap tahun merekrut dan mendidik calon pelatih baru. “Tapi meski jumlah sedikit, tapi pembinaan kepada anggota Pramuka yang tersebar di 40 Kwaran dan 438 Gudep berjalan, walau masih kurang maksimal,” tutupnya. (Arif )

Post Author: Yogi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *