DUREN PARUNG MASIH JADI INCARAN PAVORIT WISATAWAN

KEMANG – RAJAKABAR.COM – Bagi para penikmat buah durian, tentu masih sangat mengenal kelezatan dan aroma durian yang berasal dari wilayah Parung dan sekitarnya. Namun sayang, buah durian lokal tersebut saat ini sudah sangat jarang ditemukan baik di pasar – pasar maupun di penjual lapak di durian di sepanjang jalan raya Kemang – Parung.

Indra (45) warga Lenteng Agung Jakarta yang mengaku pemburu buah durian mengatakan, saat ini sangat sulit mencari durian asli Bogor. “Sejak kecil saya suka durian. Waktu itu saya sering diajak orang tua ke sekitar Parung untuk membeli durian,” ucapnya. Dia mengatakan, sekarang ini kebanyakan para pedagang hanya menjual durian dari wilayah Sumatera. “Sebenarnya durian dari Parung dan sekitarnya sangat enak. Atau ada juga durian dari wilayah Pandeglang jg bagus. Saat ini harganya juga masih mahal, padahal di Sumatera sudah musim durian.” Ungkap Indra kepada wartawan saat ditemui sedang membeli duren, Selasa (25/12/2018).

Sementara Badeng (38) seorang pedagang durian yang berjualan di pinggir jalan Raya Kemang Desa Pondok Udik Kecamatan Kemang mengatakan, memang benar sebagian besar durian yang ada di lapak jualannya memang berasal dari Sumatera. “Kebanyakan duren Lampung dan Bengkulu. Kalau soal rasa dan aroma sebenarnya pembeli sudah pada tau. Harga memang variatif, tergantung ukurannya,” ucap Bodeng. Dia menjelaskan, durian lokal memang sudah sangat jarang, seiring perkembangan wilayah Parung dan sekitarnya yang berubah jadi wilayah perkotaan. “Tapi kami menyediakan durian – durian yang bagus, enak dan harganya standar. Ya tentu jika semakin banyak masa panen, harga akan semakin murah.” Pungkasnya.
Jay

Post Author: Adminnr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *