SAUNG OTONG MENJADI DESTINASI WISATA MEMPESONA DI DESA TANGKIL

CITEUREUP -, RAJAKABAR.com-,

Berawal dari ide untuk menyediakan fasilitas menginap bagi para santri tahfidz Qur’an serta guru pengajar, dengan membuat beberapa saung (rumah tinggal -red), pengelola Saung Abdi yang berada di Desa Tangkil Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, saat ini justeru banyak menerima kunjungan wisatawan domestik.

Bahkan saat waktu liburan, jumlah wisatawan domestik yang berlibur ke area Saung Abdi bisa mencapai ribuan orang. Umumnya para pengunjung datang untuk melihat langsung tempat tersebut yang sedang jadi perbincangan di sosial media. “Di lokasi ini terdapat selain terdapat rumah ibadah dan pesantren dengan 60 orang santri yang sedang menimba ilmu hafidz Al Qur’an yang datang dari seluruh pelosok Indonesia. Kami juga memang menyediakan beberapa fasilitas umum, diantaranya area bermain anak serta kolam renang,” ungkap Haris salah satu pengelola Saung Abdi keadaan wartawan media ini.

Haris menambahkan, Saung Abdi atau juga banyak yang menyebut Saung Otong, pada awalnya dibangun semata – mata untuk memberi kesempatan bagi para santri yang kurang mampu belajar hafidz Al Qur’an secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun. “Sampai saat inipun, kami masih menerima santri yang tidak mampu, terutama dari wilayah terdekat unyuk belajat disini gratis,” ujarnya.
Dia menambahkan, saat ini memang ada perkembangan karena banyaknya wisatawan yang datang berlibur ke area Saung Abdi yang memiliki luas lahan hampir 6000 meter persegi. “Menyikapi hal ini, kami manajemen saat ini telah membangun 10 rumah penginapan untuk para wisatawan. Semua penghasilan digunakan untuk melengkapi sarana pesantren dan kebutuhan lainnya guna pendidikan para santri disini,” paparnya.

Besarnya minat masyarakat yang berkunjung sebagai wisatawan untuk berlibur ke lokasi Saung Abdi, sambung Haris, merupakan bagian keberkahan rizqi. “Menurut saya ini berkah dari adanya kekuatan do’a para santri yang selalu membaca Al Qura’n. Sehingga diluar dugaan banyak pengujung yang memilih berlibur di Saung Abdi.” Pungkasnya.

Ditanya terkait hal ini, Baehaqi Sekretaris Desa Tangkil Kecamayan Citeureup mengaku bersyukur karena di wilayahnya ada tempat wisata. ‘Selama ini memang belum ada. Justeru karena ada area Saung Otong ini, Desa Tangkil menjadi banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan. Saat ini sudah banyak orang yang tahu Citereup ada area wisata,” paparnya. Baehaqi juga merasa bangga karena adanya sarana pendidikan berupa pesantren gratis. “Kami selaku pemdes tentu sangat beruntung, apalagi komunikasi kami dengan pihak pengelola sangat baik. Kami juga diijinkan mengunakan tempat mereka untuk acara kegiatan desa.” Pungkasnya.

Penulis :yogi

Post Author: Adminnr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *