DIVERIFIKASI DINAS LINGKUNGAN HIDUP, SMAN 1 CARIU SEBAGAI SEKOLAH ADIWIYATA

Bogor, Rajakabar.com -Bagi guru, Siawa adalah modal utama dalam pendidikan sehingga dalam pembelajaran siswa menjadi target untuk mentransfer sebuah pengetahuan. Guru adalah teladan bagi siswanya dalam memberikan contoh dalam kedisiplinan serta pigur pembentukan karakter di dalamnya. Selasa. ( 21/05/19).

Sekolah Adiwiyata yang berbudaya lingkungan dimana menciptakan generasi yang ramah lingkungan serta peduli terhadap lingkungan untuk menumbuhkan prestasi terhadap siswa.

Dalam rangka verifikasi sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten SMAN 1 Cariu siap membimbing dan mengarahkan siswanya untuk lebih mengenal lingkungan sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan di masyarakat dengan pola hidup bersih dan sehat dengan cara menata lingkungan sekolah serta pengolahan bahan bekas sebagai media untuk dijadikan bahan bernilai ekonomis nantinya.

Sebagai sekolah Adiwiyata SMAN 1 Cariu, juga memberikan tantangan kepada para siswanya untuk dapat mengurangi sampah plastik dengan cara membawa tempat makan dan minuman dari rumah masing-masing, sehingga sampah plastik hasil jajanan yang ada di sekolah bisa berkurang.

Dengan program Adiwiyata tersebut siswa juga diajari bagaimana cara menanam tanaman obat yang baik dan pembuatan komposting serta lubang biopori sebagai cadangan dan resapan air ketika turun hujan.

Dalam penilaian sekolah Adiwiyata yang dinilai yaitu pertama dari segi adminitrasi dengan 4 komponen diantaranya Kebijakan kepala sekolah, Kurikulum, partisifatif dan sarana prasarana. Kedua adanya ekspos dari Pihak Dinas Lingkungan Hidup dan ke tiga kegiatan faktual untuk melihat kondisi di lapangan ujar Heri Kusaeri, A.Md verifikator Dinas Lingkungan Hidup.

Semoga SMAN 1 Cariu dapat berbudaya lingkungan dan bisa mendapatkan peringkat penghargaan dari Bupati Bogor sebagai sekolah Adiwiyata tambah Heri Kuaseri.

Kepala sekolah SMAN 1 Cariu H Jajang Hidayat, M.Pd berharap dengan program Adiwiyata sekolah siswa memiliki sikap dan perilaku yang hebat terhadap lingkungan, memiliki nilai positif terhadap pamfaatan sampah yang dapat memberi nilai ekonomi serta sikap dan perilaku ini menjadi pembiasaan yang akan dibawa di kehidupan masyarakat serta masyarakat sekolah pada umumnya.(AS)

Post Author: Yogi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *