KEGIATAN MPLS SMP Negeri 4 Cibinong Tahun Ajaran 2019-2020

CIBINONG,-RAJAKABAR.COM,- Awal Tahun Pelajaran baru SMPN 4 Cibinong bersiap menyambut kehadiran siswa dan siswi yang diterima disekolah kami. Persiapan sambutan bagi peserta didik baru akan diawali dengan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 15 juli s.d 17 juli 2019.

Sebelum kegiatan MPLS dilaksanakan, pada hari jumat tanggal 12 juli 2019 kami mengundang peserta didik baru untuk datang ke sekolah SMPN 4 Cibinong mengikuti Pra MPLS yaitu persiapan kegiatan, diantaranya pembagian perlengkapan berupa buku panduan dan identitas diri (ID Card), pengenalan Tata Tertib MPLS, pengenalan panitia Guru dan kakak pendamping dari OSIS serta pembagian gugus. Gugus terbagi menjadi 7 dengan nama gugus yang diambil dari nama 7 pejuang dari Bogor.

Senin 15 juli 2019 Seluruh Siswa/siswi kumpul di lapangan pada pukul 06.30 pagi, baik kls 8 dan 9 maupun siswa baru untuk mengikuti kegiatan Upacara pengibaran bendera merah putih sekaligus pembukaan kegiatan MPLS seperti yang telah diistruksikan sebelumnya. Pembukaan MPLS secara resmi dibuka oleh ibu Kepala Sekolah Rederika, S.pd M.pd. yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta MPLS secara simbolik kepada 2 orang perwakilan peserta baru satu putra dan satu siswi putri, serta perwakilan orang tua siswa untuk serah terima anaknya agar dibimbing dan dididik di SMPN 4 Cibinong.

Tahun ini Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah di SMPN 4 Cibinong mengangkat tema “Sekolah Sehat,Aman, Ramah Anak, dan Menyenangkan”.
Agenda kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi pada peserta didik baru
Maksud dan tujuan MPLS dilaksanakan selain siswa baru mengenal dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah juga untuk menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif serta menumbuhkan prilaku positip untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas,etos kerja dan semangat gotong royong yang dituangkan dalam materi MPLS diantaranya:
1. Wawasan wiyata mandala
2. Kesadaran berbangsa dan bernegara
3. Cara belajar Efektif
4. Tatakrama
5. Kepramukaan
6. Pengenalan Kurikulum 2013
7. Pendidikan Karakter
8. Pembinaan mental Agama di sekolah

Selain itu Sekolah juga bekerja sama dengan POLRI,TNI, dan Puskesmas untuk penambahan materi yakni -Tertib berlalu lintas, bahaya narkoba, dan tauran (Polsek Cibinong)
-Hari Kesadaran Nasional (Danramil)
-Pendidikan Kesehatan Remaja (Puskesmas Ciriung)
Kegiatan Materi dilaksanakan di Aula SMP Negeri 4 cibinong dan Lapangan.

Kegiatan dihari terakhir MPLS adalah pengenalan dan penampilan dari Ekstrakurikuler yang ada di sekolah kami. Ekskul yang ditampilkan diantaranya Pramuka, Rokhis, olah raga, Paskibra, Karate, Taekwondo,PMR, Engglis Club, kemudian ditutup dengan upacara penutupan MPLS.

REPORTER : YOGI

Post Author: Yogi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *