DOMPET DHUAFA ADAKAN BLOGGER MEET UP BAHAS #BAHAGIABERWAKAF

RAJAKABAR.COM,-KEMANG – Dompet Dhuafa mengajak blogger-blogger Indonesia mengenal lebih dalam tentang wakaf dan manfaatnya. Hal tersebut dilaksanakan dalam acara ‘Blogger Meet Up’ di aula sekolah SMART Ekselensia, Desa Jampang Kemang, Rabu (2/10/2019).

Selain dihadiri 52 orang Blogger, kegiatan tersebut juga diikuti 20 orang penulis yang turut menyimak penjelasan tentang wakaf produktif tersebut. Dalam giat ini, Bobby P. Manullang, General Manager Wakaf Mobilization Dompet Dhuafa menjelaskan berbagai hal terkait wakaf produktif.

Menurutnya, wakaf produktif adalah pengelolaan oleh nazir dalam rangka pengembangan ekonomi umat. “Wakaf memiliki makna menahan harta, yang dimaksud adalah harta atau benda wakaf ditahan pokoknya dan memang tidak boleh berkurang, sedangkan hasil dari pengelolaan aset wakaf tersebutlah yang akan dimanfaatkan oleh umat,” jelasnya.

Bobby memaparkan, saat ini wakaf di identikan dengan ibadahnya orang kaya. Selain itu, wakaf juga lazim dikerjakan dalam bilangan-bilangan besar. Sehingga smemnuat seseorang enggan berwakaf jika hanya dengan nominal kecil. “Karena perspektif itulah, masyarakat akhirnya memilih menunaikan yang wajib terlebih dahulu dan yang memiliki nilai kecil, seperti zakat, infak, dan sedekah. Padahal wakaf sebenarnya lebih fleksibel dari ketiga jenis filantropi itu,” ujanya.

Lebih jauh diungkapkan Bobby, melalui platform ‘Wake up Wakaf’ , Dompet Dhuafa menargetkan 1 juta wakif dengan nominal wakaf 10 ribu rupiah. Dompet Dhuafa, sambung Bobby, tidak menargetkan jumlah besar tapi jumlah yang banyak. “Jika jumlah besar kita sudah dapatkan itu, bahkan ada seorang nenek berwakaf uang ratusan juta. Hal semacam itu sudah sering di Dompet Dhuafa. Tapi yang kami targetkan sekarang adalah nominal kecil tapi jumlahnya banyak,” terang Bobby.

Semua dana wakaf yang terkumpul, sambung Bobby, akan digunakan untuk membangun fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, perkebunan, pertanian, pertanian, swalayan, dan sebagainya. “Bahkan, jika memungkinkan Dompet Dhuafa akan membangun fasilitas komersial di atas tanah wakaf, yang keuntungannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.” Pungkasnya.

Sementara Dewi, seorang blogger, mengaku senang mengikuti kegiatan tersebut . Menurutnya, ada banyak edukasi dan informasi positif tentang manfaat wakaf bagi masyarakat sekitar. “Ternyata pengembangan wakaf cukup signifikan dalam membangun ekonomi sebuah bangsa. Hal ini terbukti dengan adanya kawasan zona madina yang tercipta oleh Dompet Dhuafa.” ujar Dewi singkat.

JAY

Post Author: Adminnr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *