PKM UNHAN DITUTUP DENGAN GIAT POST TEST DAN MATERI PENANGANAN BENCANA

RAJAKABAR.COM,-SUKARAJA – Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh Fakultas Keamanan Nasional, Universitas Pertahanan di Desa Gunung Gelis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor telah memasuki hari ketiga sekaligus penutupan. Pelatihan hari terakhir dititik beratkan kepada praktik dalam manajemen bencana.

Diawali dengan senam Maumere dan senam Terajana untuk membangkitkan semangat peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan kegiatan post test sebagai bentuk evaluasi sejauh mana percapaian dari pelatihan manajemen bencana yang telah dilaksanakan. “Setelah peserta pelatihan mengikuti kegiatan post test dilanjutkan dengan kegiatan pemasangan tenda darurat,” ungkap Ketua panitia pelaksana PKM sekaligus Sesprodi Manajemen Bencana Fakultas Keamanan Nasional Unhan Kolonel Kes Dr. IDK. Kerta Widana.

Dia menambahkan, selanjutnya semua peserta mengikuti kegiatan pemasangan tenda darurat dipimpin oleh Bapak Joshua Banjarnahor yang merupakan mahasiswa Magister Manajemen Bencana Universitas Pertahanan, dengan harapan nantinya para peserta pelatihan akan mampu mendirikan tenda bencana secara cepat dan tepat.

Kolonel Kes Dr. IDK. Kerta Widana menerangkan, selanjutnya dilakukan kegiatan pelatihan penyelematan korban bencana yang dipandu oleh Bapak Mayor (Kes) Rohmat Hidayat. Menurutnya, kegiatan tersebut berbentuk kegiatan lapangan yang merupakan praktik dari materi kesehatan yaitu penyelamatan pada korban dengan satu sampai tiga penolong. “Peserta begitu antusias dalam menerima materi lapangan ini dengan harapan bisa memberikan pertolongan segera jika ada terjadi pada keluarga mereka.” Pungkasnya.

Di hari terakhir giat PKM Unhan tersebut, para peserta juga mendapatkan materi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bogor yang disampaikan Budi Pranowo, S.T. selaku Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor. Dalam materi yang disampaikannya Budi Pranowo membahas tentang Peran Pemuda Satgas dalam Penanggulangan Bencana. Sesi giat ini diikuti semua peserta yang sangat antusias bertanya dalam materi ini.

Seluruh kegiatan PKM Unhan selama 3 hari ini ditutup oleh Kepala LPPM yang diwakili Kol Czi Ari Pitoyo, M.M selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Sementara Camat Sukaraja Drs. Makmun Nawawi memberikan apesiasi serta ucaoan terimakasih atas adanya kegiatan tersebut. “Harapan saya semoga dengan adanya kegiatan ini, seluruh satgas yang sudah terbentuk bisa mewujudkan Sukaraja Tanggap Bencana.” Ujarnya.

JAY

Post Author: Adminnr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *