ALAT KESEHATAN NICU PICU BERHASIL DIMANFAATKAN, YBM PLN DAN DOMPET DHUAFA GELAR TASYAKURAN

RAJAKABAR.COM | KEMANG – Dua lembaga nirlaba yang bergerak di bidang filantropi untuk pemberdayaan umat, Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN dan Dompet Dhuafa, menggelar giat tasyakuran atas keberhasilan sinergi yang dilakukan kedua lembaga tersebut dalam pengadaan alat kesehatan NICU dan PICU. Kegiatan tasyakuran tersebut, sekaligus diisi dengan giat diskusi antar kedua lembaga dan berlangsung di Gedung Qatar Charity Kawasan Zona Madina Dompet Dhuafa, Rabu (30/10/2019).

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika, Nasyith Majidi mengatakan, pada awal Januari tahun 2016 lalu, RST Dompet Dhuafa telah menerima donasi alat kesehatan dari YBM PLN berupa CPAP dan NEOPUFF yang digunakan khusunya di ruang perinatologi atau ruang penanganan khusus bayi resiko tinggi pada usia 0 – 1 bulan. “Kedua alat yang diterima RS RST Dompet Dhuafa itu sangat bermanfaat dalam membantu pelayanan kesehatan masyarakat yang kurang mampu, khususnya bayi resiko tinggi,” ujarnya.

Nasyith Majidi menjelaskan, dari catatan tim kesehatan RST DD, sejak kedua alat tersebut diterima pada awal Januari 2016 hingga Oktober 2019, telah berhasil membantu sekitar 354 bayi dengan 54 persen pasien rata – rata penggunaan CPAP dan NEOPUFF kurang lebih 3 hari. “Acara hari ini adalah bentuk rasa syukur atas manfaat alat kesehatan tersebut. Sekaligus sosialisasi dan akuntabilitas Yayasan Dompet Dhuafa kepada masyarakat maupun pemberi bantuan.” Jelasnya.

Sementara Deputi Direktur YBM PLN, Salman Alfarisi menuturkan, bantuan donasi yang diberikan adalah hasil dari sumbangsih wakaf dari para pegawai PLN yang dikelola YBM. “ada sekitar 43 ribu pegawai PLN yang secara ikhlas mendonasikan 2,5 persen penghasilannya untuk membantu masyarakat kurang mampu atau kaum dhuafa,” ungkapnya. Salman juga mengatakan, selain di bidang kesehatan, YBM PLN juga menyalurkan bantuan atau donasi di bidang pendidikan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarajat kurang mampu. “Bantuan – bantuan tersebut kami salurkan dan kerjasamakan dengan lembaga swasta maupun pemerintah. Sehingga tepat sasaran dan tepat manfaat serta tidak ada penumpukan jenis bantuan yang sama kepada penerima manfaat.” Jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dihadirkan seorang penerima manfaat alat kesehatan PICU NICU yang telah merasakan manfaat adanya alatvtersebut. “Alhamdulillah bayi saya sehat dan selamat setelah sempat dirawat beberapa hari di RST Dhuafa. Bersyukur juga semuanya tanpa biaya, gratis.” Ungkap Nanah (43) seorang penerima manfaat. Pantauan media ini, ikut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran direksi Yayasan Dompet Dhuafa diantaranya, Yuniarko Direktur Mobilisasi Wakaf, Heri Sulistio Biantoro Ketua Umum Pengurus YBM PLN, drg Imam Rulyawan Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa dan Yuli Pujihardi Direktur Zona Madina.

Jay/Yog

Post Author: admin putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *