Program KKN Fakultas Gizi Universitas Indonesia

Babakan Madang -,RAJAKABAR. COM -,Hari ini pukul 11: 00 WIB di aula Kantor Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor diadakan rapat kerja mahasiswa Fakultas Gizi Universitas Indonesia, dalam rapat itu yang di pimpin oleh Camat Babakan Madang Cecep dan Staff membahas tentang program gizi masyarakat. Serta bekerja sama dengan Posyandu di 5 desa yang ada di Kecamatan Babakan Madang, ada sekitar 40 Mahasiswa yang melaksanakan Praktek KKN di 5 Desa tersebut. Rabu 20/11/19

” Ini merupakan program kerja sama antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten Bogor dengan Universitas Indonesia untuk meningkatkan gizi masyarakat dan peningkatan efektifitas kinerja Kader Posyandu. Juga dalam program kerjasama ini ada kegiatan Pusling ( Puskesmas Keliling ), kunjungan ke rumah rumah warga untuk memberikan penyuluhan tentang apa itu pentingnya gizi untuk perkembangan kesehatan warga dan Masyarakat, sehingga angka kekurangan gizi bisa ditekan.” Ungkap Cecep Camat Babakan Madang.
Ketika ditanya ada atau tidaknya penderita gizi buruk diwilayah Kecamatan Babakan Madang, beliau menjawab.
” Untuk wilayah Kabupaten Bogor masih ada beberapa kecamatan yang penduduknya mengalami gizi buruk, akan tetapi untuk wilayah Kecamatan Babakan Madang tidak ditemukan warga yang mengalami kekurangan gizi. Karena program gizi keluarga telah berjalan dengan baik.”

Menurut Inayah Mahasiswi Fakultas Gizi Universitas Indonesia memaparkan.
” Disetiap Posyandu kita mengadakan analisys yaitu dengan target setiap RW disetiap desa, targetnya yaitu : Bumil ( Ibu Hamil ), Lansia, anak sekolah, balita, dan dewasa. Dari analisis ini kita menyelusuri masalah masalah yang berkembang, setelah menemukan masalah kita diskusikan dengan kader kader kesehatan yang dan mengambil tindakan sesuai temuan yang ada di warga tersebut, sehingga semua permasalah bisa terselesaikan.”
” Program kerjasama ini diarahkan untuk mencerahkan dan memberi warna baru bagi kader kader posyandu,
sehingga para kader posyandu lebih bergairah lagi dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat desa.” Tambah Cecep kepada awak media.
Para penggiat kesehatan seperti dokter dan paramedis serta bidan turut mengawal program kerjasama ini, sehingga program Pemerintah dan Universitas Indonesia bisa berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan satu bulan penuh, selain penyuluhan juga akan diadakan lomba posyandu di 5 desa wilayah Kecamatan Babakan Madang, yaitu : Desa Babakan Madang, Citaringgul, Cipambuan, Sumur Batu dan Bojong Koneng.

PENULIS :rif

Post Author: rajakabar_admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *