SOSIALISASI IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) DESA HAMBALANG PERTAMA DI BOGOR

RAJAKABAR.COM – CITEUREUP,- Giat sosialisasi ijin Mendirikan Bangunan(IMB) Desa Hambalang Kecamatan Citeureup. Kabupaten Bogor. Kamis 16 /01/2020.

Pantauan awak media Kegitan Sosialisasi IMB di lakukan oleh narasumber dari DPMPTSP Kabupaten Bogor, acara ini di hadiri oleh kabinet baru Desa Hambalang. RT dan RW yang hampir rata-rata belum turun SK (surat keputusan) termasuk kadus baru, sekcam Kecamatan Citeureup dan Tokoh Masyarakat,

Acara di mulai pukul 10:00 WIB. Di mulai dengan doa yang di pimpin Ketua MUI Desa Hambalang.

Lanjut sambutan Kepala Desa yang baru di lantik tanggal 18 Desember 2019.

Dilanjut sambutan ketua BPD (Badan Pengawas Desa) yang dalam sambutannya, tentang akan di lakukan pemilihan RW secara demokratis walaupun sederhana. Dan untuk RT yang belum ada pemilihan, katena yang menjabat sekarang tinggal melanjutkan. Akan tetapi jikalau yang sampai saat ini masih menjabat dan tidak sangup dan akan mwngundurkan diri, harus di usulkan dan di fasilitasi oleh RW ( Rukun Warga).

Sekcam Kecamatan Citeureup Drs.Imam Mahmudi, MSi pada pukuk10:14 WIB memberikan sambutan dan tak lupa penghormatan di sampaikan kepada Kades dan Tokoh Masyarakat, juga menyampaikan ke tidak hadiran Camat Citeureup di karenakan adanya pelantikan Kades dari Desa Tajur Kecamatan Citeureup. Beliau menyampaikan sedikit akan materi IMB yang menjadi pokok acara.”

DPMPTSP Bapak Ali mengatakan
“Prosedur pengurusan IMB (Ijin Mendirikan Bangunan) apresiasi kepada Kades Hambalang yang memfasilitasi sosialisasi IMB, dan ini baru pertama kali di tingkat Desa di Kabupaten Bogor. Tatacara nya di atur degan Perbub Pendelegasian, No 97 tahun 2018. IMB rumah tunggal non perumahan, kalau di perumahan IMB rumah tinggal perumahan. Jadi sekarang untuk IMB pengurusan itu ke perijinan 1 pintu di DPMPTSP Kabupaten Bogor di jalan Tegar Beriman. Dan pengurusannya sekarang bisa melalui online di Website (Optimis. Bogor.cup.go.id)
Caranya persyaratan Membuat surat permohonan, KTP, Surat bukti kepemilikan tanah, sertifikat / akte jual beli / SPH (Surat Pelepasan Hak) harus di sertai peta bidang. Dan IPPT (Ijin Peruntukan Penggunaan Tanah) Gambar tekhnis PDRT (Pengesahan Dokumen Rencana Tekhnis) di buat di UPT.

Sekcam Imam Mahmudi setalah acara sosialisasi menuturkan bahwa ini adalah terobosan Kades baru dan ini cukup baik, karena agar masyarakat lebih paham dan semogga ke depan dengan potensi alam yang baik bisa di buka tempat tempat wisata yang mampu meningkatkan perekonomian Desa Hambalang.

Kades Hambalang ini di selenggarakan dengan perlu nya ilmu buat masyarakat dan perangkat desa, hingga ke depan masyarakat kami paham akan ilmu dan dasar dasar ilmu pengurusan perijinan dan dengan potensi alam yang menjanjikan ke depan akan bisa membuat tempat tempat wisata yang bisa meningkatkan tarag hidup masyarakat dan juga bisa membantu pemerintah Kabupaten untuk income APBD. Tegas nya.

(RIF)

Post Author: admin putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *