PENCEGAHAN DAN PENANGANAN COVID-19 DIWILAYAH KECAMATAN BABAKAN MADANG

Sejak awal ditetapkannya status Siaga Darurat Bencana Nonalam Akibat Virus Corona di Kabupaten Bogor tahun 2020 melalui SK Bupati Bogor nomor : 360/06-BPBD/2020        tanggal 19 Maret 2020, langkah-langkah yang langsung diambil di tingkat Kecamatan Babakan Madang dalam rangka pencegahannya adalah pembentukan satuan tugas tingkat kecamatan, relawan tingkat desa dan tingkat RW.

 

Tim ini bertugas untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat di tingkat desa dan perusahaan serta mengidentifikasi adanya kemungkinan-kemungkinan penyebaran    Covid-19 dimulai pendataan masyarakat yang memiliki penyakit kronis dan menahun, pendataan keluar masuk warga dan pemberian edukasi tentang virus corona sesuai dengan wilayah tugasnya. Aksi selanjutnya adalah dengan penyemprotan fasilitas-fasilitas umum dan wilayah perumahan penduduk dengan cairan disinfektan, pemberian hand sanitizer bagi warga, pembuatan sarana cuci tangan di tempat-tempat umum dan kantor-kantor pelayanan serta pembagian masker bagi penduduk. Kegiatan inipun dievaluasi secara berkala di tingkat kecamatan.

Dengan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diwilayah Kabupaten Bogor melalui SK Bupati Bogor nomor : 443/234/Kpts/Per-UU/2020 tanggal 14  April 2020, di Kecamatan Babakan Madang dibangun 2 (dua) buah pos Checkpoint yaitu di Jalan Raya MH. Thamrin Sentul City (keluar tol Sentul Selatan) serta di Simpang Trumix-Sentul Sirkuit yang berfungsi penekanan terhadap para pengguna jalan untuk menerapkan protokol kesehatan guna melawan Covid-19. Pelaksanaan Checkpoint PSBB melaibatkan unsur anggota Polsek, Koramil, Dinas Perhubungan, anggota Pol PP Kabupaten Bogor dan Kecamatan Babakan Madang serta relawan lainnya.

Adapun tingkat keberhasilan pelaksanaan PSBB di Kecamatan Babakan Madang terlihat dengan penurunan jumlah ODP, PDP serta yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari semula ODP sebanyak 10 orang, PDP sebanyak 7 orang dan aktif Covid-19 sebanyak 7 orang menjadi ODP sebanyak 1 orang, PDP sebanyak 4 orang dan aktif Covid-19 sebanyak 4 orang pada saat ini.

Dalam upaya penanganan dan penanggulangan Covid-19, telah dilaksanakan rapid test di tingkat kecamatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Babakan Madang. Selain itu, dibentuk tim survailans tingkat kecamatan serta di masing-masing desa dibentuk juga Tim Penanganan Jenazah yang diberikan pelatihan oleh puskesmas dengan harapan ketika terdapat warga yang meninggal dunia dapat diidentifikasi terlebih dahulu apakah jenazah tersebut terdapat indikasi meninggal karena Covid-19 atau karena penyakit nonCovid-19 sebelum dilaksanakan pemulasaraan dan pemakaman jenazah.

Post Author: rajakabar_admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *