Puluhan masyarakat Hambalang menangis mata pencaharian nya di hancurkan

Hambalang-, Rajakabar. Com-,H.ujang sebagai penanggungjawab mengatakan, Sekitar pukul 08:00wib saya datang ke kandang, lalu sudah ada alat berat dan sekitar 50 orang telah berkumpul. sekitar pukul 09:30wib masa mereka bertambah lalu merusak dan merobohkan kandang ayam.

Puluhan orang tersebut melempar dan salah satunya ada yg membawa pistol, mereka seluruhnya diduga dari Sentul perusahaan Buana Estate. Jum’at (24/07/20)

Tanpa persetujuan dan pemberitahuan dahulu ke pihak kami, pihak buana estate langsung merubuhkan kandang ayam kami.

Tanah ini awalnya dimiliki H.sukandi dan lalu dibeli pak H.ayan untuk mengelola peternakan ayam. Lahan milik H.Ayan seluas 2 Hektar ini diisi kandang ayam seluas 400Meter dengan total anak ayam 16.000 ekor.

H.Dedi pengelola kandang ayam mengatakan, Puluhan orang sekitar desa Hambalang bekerja disini, mereka tidak hanya mengharapkan penghasilan dari sini.

Sebelum terjadi penggusuran kami sudah mendapat surat somasi,namun surat itu tidak jelas poinnya, saya sendiri belum tau persis pengacara kami terkait jawaban surat somasi itu.

Sementara ini kami belum menghitung kerugian pastinya, dan sudah puluhan anak ayam mati tertimpa kandang, kami saat ini ingin menghadap Kades Hambalang terkait penggusuran ini, kenapa mereka diam, ada apa ini semua.

Hingga kini korban tercatat bernama Andra dan Engki, Andre di lempari batu pihak buana estate dan Engki di tampar pihak buana estate. untuk jumlah kerugian belum diketahui jumlahnya.

Kades hambalang wawang setelah menerima ratusan warga hambalang di kantornya menyampaikan kepada awak media bahwa hari ini ada nya rapat masyarakat yang selama ini menguasai dan mengarap tanah negara yang di klaim milik pt. Buana estate,

“dan pihak pt akan lakukan pengosongan area yang di kuasai masyarakat sejak turun temurun, itu surat yang di sampaikan kepada pemerintahan Desa.

,” dan pada hari ini pt, buana estate . Juga lakukan eksekusi di lahan seluas 7 hektar dan di dalam nya ada kandang ayam. Yang seluas 2 hektar.

“,ketika awak media menanyakan prihal eksekusi paksa? Kades menjawab menurut mereka bukan eksekusi paksa namun lakukan pengosongan lahan. Ucap nya.

H sulaeman selaku tokoh masyarakat yang paham betul tentang kondisi riwayat tanah juga nada yang sama di sampaikan bahwa ini masyarakat mengarap tanah Negara bukan tanah pt. Dan kalaupun ada pengusuran jangan begini caranya. Uda jelas setelah audensi masyarakat dengan DPRD kabupaten Bogor waktu itu yang turun ade yasin yg sekarang jadi bupati Bogor untuk dibatalkan HGU tanah seluas 250 hektar ,

H. sulaeman menambahkan bahwa bupati Bogor agus sutara pada waktu itu telah mengeluarkan putusan dan di tanda tangani. Bunyi putusan nya adalah :Area yang di kuasai masyarakat /di garap seluas kurang lebih 250 hektar mohon pengecualian /di keluarkan dari perpanjangan HGU dan di peruntukan bagi kepentingan pemerintah kabupaten Bogor,pemerintah Desa Hambalang, sukahati, dan tangkil serta masyarakat, guna mendapatkan Hak prioitas, Dan putusan ini sudah di sampaikan tembusan nya kepada pemerintah dan dinas terkait.artinya ini sudah abaikan putusan pemerintah kabupaten Bogor.

,”dan Status riwayat tanah pt buana estate yang berkedudukan di jakarta telah berakhir haknya tanggal 31/12/2002,sesuai surat Keterangan pendaftaran Tanah dari kantor pertanahan Kabupaten Bogor tanggal 23/12/2002 Nomor 250_16

,”Ko sekarang main gusur paksa tanpa ada putusan pengadilan kalau begini kan premanisme. ucap H sulaeman

(rif)

Post Author: rajakabar_admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *