Sunday, 12 June 2022, June 12, 2022 WIB
Last Updated 2022-06-12T11:24:09Z
Budaya

Hwat Tek Bio Cileungsi, Ajang Shejit Kongco Kwan Kong

Advertisement

 


RAJAKABAR.COM  I  CILEUNGSI  -  Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) /atau biasa di sebut shejit Yang Mulia (YM) Kongco Kwan Kong / Kwan Ping 2022, dan Kwan Tek Bio Cileungsi sebagai tempat penyelenggara shejit, Acara digelar dari Jumat hingga Sabtu bertempat di Kwan Tek bio, Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor.

 

Keluarga pengurus Kwan Tek Bio Cileungsi, Rivan Andrian mengatakan, Disini kami sedang memperingati hari ulang tahun/shejit Kongco KWAN KONG/KWAN PING yang di percayai oleh keluarga dan umat, dan Acara ini di selenggarakan selama 2 hari.

 

"Dimulai dari jam 10 hingga malam hari, nah Kongco itu yang bernama Kongco kwan kong. Kalau disini kita menyelenggarakan dua hari, Hari pertama itu ada yang namanya tiam hu hwat itu buat puncak acara tahwe (acara inti injak bara)," Ucap nya kepada wartawan di klenteng Kwan Tek Bio Cileungsi, Sabtu (11/06).

 

Di dua hari itu, Lanjut nya, Kami mengadakan berbagai acara untuk memperingati hari ulang tahun (YM) kongco kwan kong/kwan ping.

 

"Hari pertama, Jumat itu ada Persembahayan, Cia Peng An, Barongsai, Thiam Hu Hwat, Gambang Kromong. Hari ke Dua itu Sabtu, Persembahyangan, Cia Peng An, Tahwe (Injek Bara), Mandi Minyak, Dan Gambang Kromong lagi, setelah jam 9 malam barongsai sebagai hiburan nya" ungkap nya.

 

Lebih lanjut, Acara pentingnya yaitu tahwe (injak bara), karena itu adalah tradisi turun-temurun.

 

"tahwe (Injek Bara) itu, kaya ada beberapa meter bara menyala lalu kita injak, nama nya itu Tahwe," lanjutnya.

 

Karena Covid-19 di tahun yang sebelumnya banyak acara yang tidak terselenggara, Lanjut dia, Kami berharap Covid-19 itu segera Endemi, karena waktu covid sedang tinggi, dua tahun lalu kami tidak melaksanakan kegiatan ini.

 

"Harapanya lebih ke bersyukur aja tahun ini bisa melaksanakan lagi karena di tahun sebelumnya kan kena pandemi Covid-19 

 

Itu sedih si, biasanya perayaan itu setiap tahun ada tiba-tiba karena covid-19, 2 tahun ketunda, " Pungkasnya.(***/Redaksi).