Wednesday, 24 August 2022, August 24, 2022 WIB
Last Updated 2022-08-24T11:47:01Z
BeritaDaerah

MUSDES Babakan Madang Bahas Persiapan Kegiatan Ketahanan Pangan Dana Desa Tahun 2022


BABAKAN MADANG I Rajakabar.com  - Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan menggunakan dana desa tahun anggaran 2022, Pemerintah Desa Babakan Madang menggelar musyawarah desa bertempat di Aula Kantor Desa Babakan Madang, Kecamatan Babakan Madang, Rabu (24/8/2022) siang.


Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Seksi Kesra Kecamatan Babakan Madang, Kepala Desa didampingi Kasi Kesra, BPD, LPM, TP-PKK, Karang Taruna, Babinsa Babinkamtibmas RT RW dan Pelaksanaan Kewilayahan / Kepala Dusun (Kadus).


Dalam arahannya, Kepala Desa Babakan Madang Ir. Deni Nugraha mengajak kepada segenap elemen masyarakat di Desa Babakan Madang untuk secara bersama - sama mewujudkan desa yang mandiri, beradab, religius, sejahtera yang didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia yang jujur serta berwawasan luas.


Dirinya mengatakan musyawarah desa kali ini membahas tentang perencanaan kegiatan secara global, termasuk rencana anggaran bersama TPK, tenaga kerja, sumber daya manusia yang diberdayakan yang dilaksanakan secara swadaya oleh warga desa. 


"Pertemuan ini cukup penting untuk persiapan pelaksanaan program, oleh karenanya kita mengundang RT RW Kadus dan kelembagaan terkait program ketahanan pangan yang diharapkan hasil kegiatannya nanti benar - benar terlaksana sesuai rencana. Saya ingin RT yang tidak hadir dalam musyawarah kali ini dapat diberitahukan hasil pertemuannya supaya nantinya semua akan tetap terlibat dalam program kegiatan ini yang rencananya akan launching pada 27 Agustus 2022," katanya.


Usai kegiatan Egi Chandragiri selalu Kasi Kesra Desa Babakan Madang mengatakan Ketahanan pangan untuk menghbat lajunya kelaparan dan kekurangan gizi, untuk pelaksanaannya nanti perlu dilakukan perencanaan yang matang supaya tepat sasaran. Disamping itu, setiap kegiatannya akan dilakukan pengawasan dan sistem pelaporan yang telah ditetapkan berikut lampiran berita acara setiap kegiatannya.


"Dalam pembahasan juga disinggung jenis tanaman apa saja yang lebih tepat guna untuk dikembangkan supaya mencapai target produksi dengan kualitas dan kuantitas sesuai rencana.


Kepala Seksi Pemerintahan Iskandar menyampaikan bahwa kegiatan ketahanan pangan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Babakan Madang yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan dan gizi bagi masyarakat desa hendaknya di rencanakan secara matang dengan melibatkan masyarakat desa. Dalam kegiatan budidaya holtikultura dan perikanan ini tentunya perlu melakukan kordinasi dengan pihak di unit- unit pelaksana teknis terkait supaya kualitas dan kualitas budidaya lebih unggul. 


"Kami dari kecamatan turut mengawal penggunaan anggaran dan pelaksanaan kegiatan serta sumbang saran supaya kegiatan tersebut tepat guna tepat sasaran dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai perencanaannya," imbuh Iskandar usai kegiatan kepada wartawan. 


Sementara, Ketua Tim Pengelola Kegiatan Ari Kokasih menjelaskan pihaknya telah melaksanakan tahapan persiapan kegiatan mulai dari perencanaan sampai musyawarah desa yang dilaksanakan pada hari ini. "Kami sudah mendapat arahan dari pihak Kecamatan dan Kepala Desa dan jajaran yang akan kami persiapkan lebih matang sebelum acara launching di Kampung Cicadas nantinya ," tutupnya. (Arifin)