Wednesday, 21 September 2022, September 21, 2022 WIB
Last Updated 2022-09-21T10:01:12Z
BeritaPendidikan

DI DUGA LAKUKAN PUNGLI SDN PASIR ANGIN : PEMUDA LIRA MINTA KABID SD DIGANTI

 



Rajakabar.com | Bogor,- Dugaan Pungutan Liar disekolah wilayah kabupaten bogor sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat.


Salah satunya SDN Pasir Angin kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, adanya temuan dari teman-teman DPD Pemuda Lira Bogor dan beberapa rekan media. Pasalnya temuan tersebut berupa hasil rapat dewan kelas dengan wali murid dengan tujuan sumbangan untuk pembangunan Laboratorium Komputer.


Ketua DPD Pemuda Lira Yogi Ariananda mengatakan, diera Covid-19 ditambah harga BBM naik semakin sulitnya ekonomi masyarakat, apalagi ditambah adanya pungutan liar yang merambat masuk kesekolah.


Yogi menambahkan setiap sekolah itu mendapatkan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan dalam Permendikbud No 1 tahun 2021 mengatakan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dijelaskan bahwa sekolah yang menerima dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dilarang memungut biaya apapun” tegasnya.


Selain itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor juga sudah melayangkan surat edaran kesetiap sekolah untuk tidak meminta pungutan apapun kepada murid. 


Kita menuntut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor untuk audit dana BOS di SDN 02 Pasir angin Cileungsi dan ganti Kepala Bidang Sekolah Dasar. Tegas Ketua DPD Pemuda Lira Bogor.


Hal ini juga sudah adanya tanggapan dari Hj. Raden Sukmawati S.pd kepala sekolah SDN Pasir angin dalam forum mengatakan, bahwa kepala sekolah tidak mengetahui dan akan mengadakan rapat internal terkait adanya temuan pungli tersebut, jika terbukti akan pecat oknum yang melakukan pungutan liar.


(Red)